Trik MenPar Hadapi Masa Industri 4.0

Radioswap.net – Di era modern siapa yang tidak kenal dengan internet. Hampir semua lapisan masyarakat telah menggunakan internet untuk mengakses informasi maupun berkomunikasi. Persaingan industri yang  semakin ketat akibat kemajuan teknologi memang tidak dapat dihindari. Mulai dari pendidikan, perekonomian hingga pariwisata harus mengikuti arus globalisasi yang semakin tinggi. Indonesia yang merupakan sebuah negara kepulauan dengan kekayaan yang melimpah memiliki potensi besar untuk dikembangkan apalagi dalam sektor wisata.

Trik MenPar Hadapi Masa Industri 4.0

Pariwisata Indonesia menempati urutan ketiga dalam penerimaan devisa negara di tahun 2009 setelah komoditi minyak dan gas bumi. Kekayaan alam serta budaya yang dimiliki negara kita menjadi komponen yang teramat penting. Kebanyakan masyarakat kita menghabiskan akhir pekan dengan sewa bus pariwisata untuk berlibur bersama keluarga dan orang-orang terdekatnya. Tidak hanya itu bahkan menurut data BPS tahun 2018 jumlah kunjungan wisata mancanegara mencapai angka 15,81 juta kunjungan.

Hal ini tentu saja sangat sayang jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Oleh sebab itu, banyak jasa sewa bus pariwisata jakarta yang memanfaatkan momen ini dengan menawarkan harga yang relatif murah dan kualitas yang nyaman agar menatik minat wisatawan.

Menghadapi era industri 4.0 Kemenpar tentu telah memersiapkan diri. Untuk memenangkan pasar era digital ini, Kemenpar mengadakan sebuah program yang disebut Go-Digital. Transformasi menuju era Tourism 4.0 ini, akan menargetkan generasi milenial. Tidak dapat dipungkiri jika generasi milenial merupakan wisatawan inbound tertinggi yang mencapai angka 50 persen.

Strategi Kemenpar menghadapi persaingan industri 4.0 :

1. Wonderful Indonesia Digital Tourism 4.0

2. Strategic Imperatives for Transforming Tourism HR to Win Global Competition in Industry 4.0

3. 5 Technology Enabler

4. 9 Key Initiatives for Discipline Executions

5. Pentahelix Collaboration Approach

Lima strategi besar ini diimbangi dengan peningkatan SDM. Penerapan progam Pentahelix Collaboration Approach dapat dilakukan pada unsur pentahelix. Penekanan pada SDM diharapkan dapat membuat para pelaku industri lebih siap menghadapi persaingan dunia digital dan mengembangkan sektor pariwisata lebih mendunia agar terjadi peningkatan devisa.

COMMENTS