Pengertian Beton Pratenggang, Mahasiswa Konstruksi Harus Baca!

Pengertian Beton Pratenggang, Mahasiswa Konstruksi Harus Baca!

Beton umumnya digunakan untuk kegiatan konstruksi bangunan yang membutuhkan kekuatan super besar. Kekutan tekanan dan tarik pada beton harus sesuai agar dapat terus awet dan memberikan manfaat sebagaiman mestinya. Kini telah muncul beton baru yang memiliki tekanan dan kekuatan lebih besar dibandingkan dengan beton biasa. Beton pratenggang merupakan beton yang biasa digunakan perusahaan konstruksi masa kini. Berbagai kelebihan yang dihasilkan membuat beton ini mulai menggeser beton tulangan biasa.

Pengertian Beton Pratenggang

Beberapa definisi mengenai beton ini sangat banyak diinternet. Definisi menurut beberapa sumber ternyata agak sulit dipahami karena menggunakan bahasa yang kaku. Oleh karena itu disini akan dicoba diberikan penjelasan yang lebih mudah dipahami mengenai definisi beton pratenggang. Beton pratenggang merupakan jenis beton tulangan yang proses pembuatannya mengalami tekanan dari dalam yang kuat sehingga mampu menahan tekanan dari luar.

Ketika proses pembuatan, beton pratenggang memiliki perbedaan dengan beton biasa. Beton tulangan biasa dibuat dengan menyatukan beton dengan tulangan begitu saja. Tulangan biasanya terbuat dari besi atau baja. Beton pratenggang biasanya dibuat dengan memberikan tekanan atau menarik tulangan berupa baja kebeton. Cara ini dipercaya mampu menambah kekuatan atau daya tekan dari baja pratenggang itu sendiri.

Kelebihan Beton Pratenggang

Beton pratenggang memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh beton jenis lain. Kelebihan inilah yang membuat para penyedia jasa kontraktor menggunakan jenis beton yang satu ini. Beton pratenggang merupakan beton yang berbeda dari jenis beton konvensional biasa. Salah satu kelebihan dari beton ini adalah terhindar dari retakan di sekitar daerah tarikan.

Tidak adanya retakan yang terjadi secara tidak langsung juga menambah kekuatan dari beton itu sendiri. Beton pratenggang juga kedap terhadap air. Pembangunan yang dekat dengan daerah perairan sebaiknya menggunakan beton tulangan pratenggang. Bahan yang kedap air akan membuat bangunan lebih kuat dan tidak terkikis oleh air.

Korosi menjadi masalah yang biasa dialami oleh beton biasa. Tulangan beton yang menggunakan besi sangat rawan terjadi korosi. Reaksi kimia yang terjadi membuat besi berkosori dan tidak lentur lagi. Berbeda dengan beton pratenggang yang menggunakan baja sebagai tulangan beton. Baja lebih tahan terhadap korosi dan bersifat sangat liat. Kelenturan tetap terjaga dan peluang untuk patah juga sudah pasti kecil atau nyaris tidak ada.

Kemajun teknologi memang telah membuat banyak terobosan-terobosan baru untuk menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat. Solusi yang diberikan berupa produk baru. Inovasi terus dilakukan sehingga memberikan banyak manfaat dan kebaikan bagi masyarakat. Jadi tidak perlu lagi khawatir dengan masalah konstruksi yang kurang sempurna karena dengan beton pratenggang konstruksi menjadi semakin baik dan sempurna untuk saat ini.

COMMENTS