Cara Mudah Pemasangan Vinyl Tile

Cara Mudah Pemasangan Vinyl Tile

Bagi anda yang ingin merubah interior rumah anda tanpa harus menghamburkan banyak dana, lantai di rumah anda adalah salah satu area yang bisa anda makeover. Vinyl tile adalah bahan yang sangat cocok untuk digunakan. Selain itu, anda bisa mendapatkan tampilan yang sangat elegan tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

PVC adalah bahan utama yang membentuk Vinyl tile. Ada beberapa warna dan pola yang bisa anda pilih untuk mendapatkan pelapis lantai yang anda inginkan. Selain itu, anda juga harus mencocokkannya dengan interior yang ada pada area anda.

Bagi anda yang ingin memasang pelapis lantai ini sendiri, anda tidak perlu khawatir karena instalasinya tidak terlalu rumit dan sulit. Jika anda tidak ingin pusing, anda bisa mencari tutorial cara pemasangan lantai vinyl di beberapa media seperti YouTube. Namun anda juga bisa mengikuti langkah-langkah yang cukup simple berikut ini.

Berikut ini adalah beberapa langkah-langkah sederhana yang bisa anda lakukan untuk memasang Vinyl tile untuk bisa membuat sebuah tampilan yang berbeda pada interior rumah anda.

Yang perlu anda lakukan pertama kali adalah mempersiapkan lantai yang ingin anda pasang vinyl. Kemudian anda harus mendapatkan ukuran lantai agar bisa menghitung jumlah vinyl yang anda butuhkan. Disarankan juga bagi anda untuk membeli bahan yang dilebihkan sebagai cadangan apabila adan salah dalam hal pemasangan.

Apabila masih ada beberapa furniture atau barang yang ada di ruangan tersebut, sebaiknya anda pindahkan dulu sebelum mulai instalasi Vinyl tile. Jika ada beberapa furniture yang masih menempel di dinding secara permanen, anda tidak perlu membongkarnya karena pelapis lantai ini bisa dipasang mengelilingi furniture tersebut.

Ada beberapa syarat jika ingin memasang vinyl dengan baik seperti lantai tidak berlobang, rata, tidak bergelombang dan masih banyak lagi. Maka dari itu, sangat disarankan bagi anda untuk menggunakan lapisan dasar seperti kayu yang ketebalannya ΒΌ inchi. Vinyl tile akan menempel dengan baik jika permukaan rata dan halus.

Jika anda lebih suka pelapis lantai yang memiliki motif tertentu dan bentuknya menyerupai keramik dengan ukuran 40cm x 30cm, sangat disarankan bagi anda untuk berhati-hati dalam pemasangan karena apabila salah menyusun maka bentuknya akan berantakan. Sebagai tips, mulailah dari tengah ruangan untuk menyusun vinyl lalu berpindah ke arah luar sedikit demi sedikit secara perlahan hingga selesai. Namun jika anda memilih untuk mengaplikasikan vinyl yang berbentuk lembaran, pastikan ukurannya sesuai dengan luas ruangan sehingga akan tampak rapi.

Jika lantai sudah halus dan rata sebelum dipasang Vinyl tile, ini saat yang tepat bagi anda untuk menggunakan lem. Mulailah dari sudut ruangan dan gunakan kuas cat jika perlu. Jika lantai sudah dilem, sangat disarankan bagi anda untuk menunggu beberapa saat agar lem tidak menguap sehingga gelembung-gelembung akan timbul.

Jika hal tersebut terjadi, tampilan vinyl akan terlihat kurang menarik. Siapkan lap basah yang bisa anda gunakan untuk membersihkan lem atau noda yang menempel pada bagian atas vinyl.

Kemudian anda siap untuk memasang pelapis lantai ini dengan cara memasangnya satu demi satu secara berurutan. Anda harus memastikan agar kepingan vinyl tersebut diletakkan pada area yang tepat sehingga anda tidak perlu menggeser atau menariknya lagi.

Tekan vinyl dengan kuat. Bila perlu anda bisa menggunakan rolling pin agar bisa menempel dengan kuat.

Jika proses aplikasi Vinyl tile telah rampung, agar lem mengering sebaiknya diamkan dulu beberapa jam.

COMMENTS