Keunikan Rumah Adat Betawi Yang Menawan

Keunikan Rumah Adat Betawi Yang Menawan

Radio Swap Rumah merupakan tempat di mana orang bisa berlindung dari segala hal termasuk cuaca yang buruk. Pada zaman dahulu, suku Betawi memiliki desain khusus untuk rumahnya. Bahkan beberapa rumah tersebut hingga sekarang masih dilestarikan. Untuk bisa mengetahuinya secara detail maka Anda harus melihatnya sendiri dan sewa bus pariwisata Jakarta Timur untuk berkunjung.

Berikut penjelasan rumah adat Betawi dan keunikannya

Rumah adat Betawi memiliki nama yang unik yaitu Kebaya. Ini merupakan rumah yang dulu ditinggali oleh suku Betawi. Berbagai keunikan terdapat di rumah adat ini. Keunikan seperti pondasi, dinding, pendopo, atap dan lain sebagainya hanya dimiliki oleh rumah adat Betawi. Untuk mengetahuinya secara detail, simaklah informasinya.

  • Rumah adat betawi disusun menggunakan batu alam. Bahan ini dipilih sejak dahulu karena materialnya kuat dan kokoh. Batu ini akan disusun untuk menjadi sebuah tiang yang menopang bangunan tersebut.
  • Atap rumah adat Betawi ini terdiri dari genteng yang terbuat dari bahan tanah. Bagian atap ini sangat penting untuk menjaga atmosfer disekitar rumah. Atap genteng membuat rumah menjadi lebih nyaman dan adem.
  • Keunikan lain dari rumah adat Betawi adalah penggunaan pendopo yang agak luas. Di bagian depan rumah akan terdapat ruangan kosong yang biasanya digunakan untuk menyambut tamu.
  • Pada bagian kuda-kuda rumah adat ini menggunakan material kayu kecapi dan juga kayu gowol. Sedangkan pada tepiannya menggunakan kayu yang dihasilkan dari pohon nangka. Sejak dahulu penggunaan material alami dipercaya justru bisa memperkokoh bangunan rumah.
  • Warna dinding rumah adat ini terbuat dari bahan kayu pohon. Biasanya akan menghasilkan warna yang cerah seperti hijau atau kuning. Pohon yang biasanya digunakan adalah pohon nangka.
  • Rumah adat Betawi ini memiliki gagang pintu yang diberi nama khusus yaitu jalusi. Gagang pintu ini memiliki lubang besar yang bermanfaat untuk sirkulasi udara.
  • Keseluruhan dinding dibangun dengan menggunakan anyaman yang dibuat dari bahan dasar bambu. Terkadang juga dibangun dengan perpaduan tembok dan juga anyaman bambu.

Itulah beberapa keunikan dari rumah adat Betawi. Mungkin saat ini Anda tidak banyak melihatnya karena sebagian besar bangunan sudah direnovasi. Hal ini dilakukan agar rumah bisa mengikuti perkembangan zaman dan bisa digunakan untuk jangka waktu yang panjang. Namun beberapa rumah khas Betawi ini masih ada dan digunakan sebagai sarana edukasi bagi wisatawan yang berkunjung. Biasanya sekolah-sekolah akan menggunakan jasa sewa bus pariwisata Jakarta untuk mengunjunginya dan mengetahui tentang budaya Betawi lebih dalam.

COMMENTS