Jelaskan Bahaya Nikotin Berikut Agar Anak Terhindar Dari Penggunaan Rokok

Akhir-akhir ini kita sering menemukan kasus anak yang masih di bawah umur tertangkap basah tengah menghisap rokok. Fakta menyedihkan ini terjadi salah satunya karena bocah-bocah tersebut melihat perilaku orang dewasa yang merokok dengan bebas di mana dan kapan saja.

Penggunaan Rokok Pada Anak

Padahal tidak seharusnya orang dewasa merokok sembarangan apalagi di depan anak di bawah umur. Sudah selayaknya orang dewasa mengikuti himbauan dilarang merokok di area bebas asap rokok.

Nah agar anak anda terhindar dari pengaruh orang dewasa yang merokok sembarangan di luar sana, anda harus memberikannya pengetahuan mengenai bahaya merokok pada anak Salah satunya adalah bahaya yang ditmbulkan dari zat nikotin sebagai salah satu komponen dalam rokok seperti yang akan kami bahas di bawah ini.

Pengertian dan 3 Efek Samping Dari Zat Nikotin Pada Tubuh

 

Efek Samping Dari Zat Nikotin

Sebagai orang tua, sebaiknya anda jangan melarang anak merokok secara keras dan dengan nada yang tinggi. Justru agar anak dapat menjauhi rokok, anda harus memberikan pengertian dan menjelaska seluk beluk rokok dengan cara yang lebih baik.

Jelaskan dari mulai bahan penyusunya, hingga efek berbahaya yang bisa ditimbulkannya. Nah, berikut ini merupakan salah satu bahasan mengenai zat nikotin sebagai komponen dari rokok yang bisa anda jelaskan pada anak.

1. Pengertian zat nikotin

Nikotin merupakan senyawa kimia yang secara alami dihasilkan dari tanaman. Nikotin dapat membuat orang menjadi lebih tenang, nyaman, dan percaya diri. Namun begitu, nikotin juga bersifat adiktif sehingga membuat penggunanya ketagihan.

2. Efek negatif dari nikotin

  • Merusak gigi dan gusi

Nikotin dapat membuat gigi menjadi kuning, berlubang, dan menyebabkan timbulnya penyakit gusi.

  • Mengurangi kekuatan tulang

Nikotin dapat menyebabkan kekuatan dan kepadatan tulang menjadi berkurang atau yang disebut dengan osteoporosis. Bila sudah parah, bisa timbul risiko patah tulang belakang dan kebungkukan.

  • Menimbulkan risiko kanker paru-paru

Nikotin dapat membuat penggunanya sangat rentan terhadap masalah pernapasan dan infeksi pada paru-paru. Lebih parah lagi hal ini selanjutnya menimbulkan penyakit berat seperti kanker paru-paru.

Nah itulah penjelasan mengenai pengertian dan bahaya zat nikotin pada rokok yang bisa anda sampaikan pada anak anda. Nah, agar anak di bawah umur bisa terjauhkan dari rokok, harus diperbanyak tanda dilarang merokok sembarangan bagi orang dewasa,

COMMENTS