E-Ticketing Peran Penting dan Perkembangan E-Ticketing di Indonesia

Sistem tiket di Indonesia semakin berkembang dari hari ke hari. Saat ini Indonesia sudah memasuki era e-ticketing dimana ada banyak transportasi umum yang mulai melakukan pembaharuan dengan menerapkan sistem yang satu ini.

Meskipun penerapan e-ticketing ini memang belum berlangsung menyeluruh, namun sedikit demi sedikit mulai diterapkan di banyak titik sentral. Sebenarnya mengapa e-ticketing perlu diterapkan? Ada beberapa hal yang mendasari pentingnya e-ticketing. Berikut beberapa di antaranya.

Mengapa E-Ticketing Perlu Diterapkan?

Saat ini penerapan e-ticketing sudah mulai dilakukan bertahap di berbagai ‘transportasi sentral’ dan juga titik-titik sentral lain. Mungkin yang terbiasa dengan sistem tiket konvensional mempertanyakan, sebenarnya apa pentingnya penerapan e-ticketing ini bagi pengguna transportasi tersebut? Ada beberapa hal yang mendasari pentingnya e-ticketing inilah beberapa di antaranya.

  • E-ticketing pada dasarnya lebih memudahkan pengguna, sehingga pengguna moda transportasi yang berbasis e-ticketing tidak perlu lagi sibuk mencetak tiket seperti dulu.
  • Di sisi lain e-ticketing hadir menjadi sebuah sistem yang lebih praktis untuk diterapkan.
  • Hadirnya e-ticketing juga dapat membantu untuk lebih menerapkan prinsip ramah lingkungan karena pengguna tidak perlu lagi mencetak tiket kertas ketika akan naik transprotasi atau melakukan kegiatan lain yang berhubungan dengan e-ticketing.

Bagaimana Perkembangan E-Ticketing Saat Ini?

Penerapan e-ticketing di Indonesia sudah mengalami kemajuan sedikit demi sedikit. Di awal perombakan sistem tiket dari tiket biasa ke e-ticketing memang cukup membingungkan banyak orang. Namun, seiring berjalannya waktu memang sistem e-ticketing ini akhirnya cukup familiar di masyarakat.

Harus diakui dalam beberapa kasus memang e-ticketing masih mengalami kendala seperti yang sempat terjadi pada KRL beberapa waktu lalu. Tetapi, hal ini sebenarnya merupakan suatu peristiwa wajar yang terjadi di awal penerapan sistem e-ticketing yang hadir sebagai sebuah sistem baru.

Mungkin saat ini sistem e-ticketing hanya berlaku untuk transportasi umum atau dalam bidang lain yang dinilai cukup sentral saja. Namun, tidak menutup kemungkinan jika sistem e-ticketing diperlakukan secara universal di berbagai aspek. Misalkan saja untuk pertunjukkan, antrian di berbagai tempat pelayanan masyarakat bahkan sampai penerapan e-ticketing untuk sistem sewa kendaraan.

Saat kita akan melakukan sewa bus pariwisata misalkan, tak perlu lagi harus mengurusi bukti sewa dan administrasi secara manual melainkan melalui sistem e-ticketing. Di sana calon penyewa juga dapat melihat daftar penggunaan calon armada yang akan disewa tersebut.

Penerapan e-ticketing sebenarnya memberikan banyak kelebihan bagi masyarakat. Apalagi ketika hal ini diberlakukan secara menyeluruh. Namun, tentu saja harus melalui tahapan-tahapan penerapan yang mungkin menyimpan beberapa kendala nantinya.Tetapi, ketika nanti dapat diterapkan secara menyeluruh di banyak aspek tidak hanya transportasi umum saja akan ada banyak kemudahan yang diperoleh.

Seperti contoh yang telah disebutkan sebelumnya, kapan lagi penyewa bisa melakukan sewa bus ac murah dengan menggunakan sistem e-ticketing tanpa perlu ribet mengurus bukti sewa manual. Contoh lainnya adalah saat kita tidak perlu sibuk mencetak tiket manual untuk melakukan registrasi dalam suatu pertunjukan. Wah, jadi lebih praktis, bukan?

COMMENTS