Takut Domainmu Digunakan Orang Lain? Cek Nama Domainmu Sekarang Juga!

Takut Domainmu Digunakan Orang Lain? Cek Nama Domainmu Sekarang Juga!

Bagi yang sudah lama berselancar di dunia Internet tentu amat memahami mengenai seluk beluk web dan sebagainya. Bahkan, ada juga yang keranjingan untuk menggunakan internet karena berbagai hal. Bukan hanya demi kesenangan belaka, saat ini internet juga bisa digunakan untuk berbagai hal. Mulai dari belajar, bersosialisasi, dan bahkan berbisnis antar negara yang sedang amat ramai digandrungi saat ini.

Selain itu, para pengguna internet saat ini tak hanya menjadi seorang pengikut saja lho! Ada banyak pengguna internet yang kini justru beralih menjadi kreator dan juga pengelola web. Tentunya, bagi mereka yang ingin membangun suatu web, ada beberapa hal yang ternyata harus diperhatikan secara detail ketika akan menciptakan web yang ciamik, saah satunya dengan menentukan nama domain.

Apa Itu Nama Domain?

Nama Domain merupakan sebuah nama yang digunakan oleh sistem untuk mengidentifikasi atau mengenali sebuah server internet. Secara tidak langsung, dapat dipahami kalau nama domain akan membantu seorang pengguna internet (baik pemilik ataupun pengakses) yang pada sebuah server hanya terdapat deretan angka alamat IP atau IP address saja. Kamu tentu akan lebih mudah mengingat nama google(dot)com daripada mengingat kode 34.23.11.31 bukan? Nah hal itu lah yang membuat nama domain semakin penting.

Selain itu, nama domain juga sangat penting. Selain untuk mempermudah orang mengingat nama website, memiliki nama domain juga memperkuat brand yang kamu miliki. Misalnya saja seperti beberapa nama website terkenal. Pastinya dengan mendengar namanya saja kamu mengetahui dan ingat mengenai website tersebut. Dan juga, nama domain dapat membuat websitemu terlihat lebih profesional.

Tentunya walaupun websitemu memiliki domain seperti blogspot dan wordpress, kamu tetap harus mencari nama yang tepat agar websitemu lebih dipandang dan kredibel di hadapan para pengunjung. Namun sebelum itu, kamu harus melakukan cek nama domain sebelum kamu menggunakan dan memastikan nama domain yang akan kamu gunakan.

Selain untuk memastikan brandingmu, melakukan pengecekan nama domain juga bisa membantu Kamu untuk menentukan isi dari webmu. Namun, bagaimana sebenarnya cara melakukan cek domain?

Cek Nama Domain

Melakukan Cek Nama Domain Tidaklah Sulit!

Bagi sebagian orang yang belum terbiasa, melakukan pengecekan nama domain bisa jadi merupakan suatu kegiatan yang menyulitkan. Namun, sebetulnya itu bukanlah hal yang sulit karena memang cek domain merupakan sesuatu yang amat sangat mudah dilakukan. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka website google. Setelah itu, kamu bisa mencari website cek domain dan melihat beberapa website berbahasa inggris dan indonesia yang menyediakan fitur cek domain dan informasi mengenai domain yang tersedia.

Baca Juga : 4 Jenis Backlink SEO untuk Optimasi Blog

Ketika kamu mengecek nama domain, kamu bisa mengetahui beberapa info, yang mana informasi yang diberikan pun sangat lengkap dan bermanfaat. Mulai dari apakah domain tersebut sudah digunakan, tanggal pembuatan domain ketika sudah digunakan, kapan terakhir update dilakukan, nama server, dan bahkan kontak dari pemilik domain tersebut yang bisa dihubungi.

Misalnya saja, kamu ingin membeli suatu domain namun ternyata sudah digunakan oleh orang lain. Kamu bisa menghubunginya dan melakukan negosiasi mengenai pembelian domain tersebut. Selain itu, ketika kamu melakukan cek nama domain, kamu bisa mengetahui harga dari domain yang kamu inginkan. Tak hanya itu, beberapa web juga menyediakan jasa jual domain yang sesuai dengan keinginanmu. Semakin mudah nama domain diingat maka akan semakin mahal pula harganya.

COMMENTS