Cara-Cara Paling Sering Digunakan Untuk Menentukan Harga Produk

 

Cara-Cara Paling Sering Digunakan Untuk Menentukan Harga Produk

Menjadi pedagang adalah menjual produk yang diproduksinya atau menjual produk yang diproduksi orang lain. Keuntungan yang diambil oleh pedagang adalah keuntungan dari produk yang dijualnya yang diperoleh dari harga yang telah ditentukan. Lalu bagaimana cara menentukan harga bagi pedagang?

Cara Tentukan Harga Suatu Produk

Cara menentukan harga pada dasarnya terbagi ke beberapa jenis tergantung kondisi pedagang, produk dagangan dan pasar. Adapun cara menentukan harga suatu produk di antaranya:

1. Penentuan harga biaya plus (Cost-plus pricing method).

Cara penentuan harga ini merupakan cara yang terbilang tua, caranya adalah dengan menghitung biaya yang dikeluarkan satuan produk ditambah dengan laba yang diinginkan. Contohnya pada produk tali lanyard:

Sehingga harga yang Anda tentukan adalah 1.400/satuan produk

2. Penentuan harga dengan metode mark-up (mark-up pricing method).

Pada dasarnya cara ini tidak jauh beda dengan biaya plus, pedagang menentukan harga berdasarkan harga beli pedagang ditambah laba yang dikehendaki. Contohnya:

  • Harga beli lanyard: 1400
  • Laba: 200
  • Sehingga harga yang ditentukan adalah 1.600/satuan produk

    3. Penentuan harga dengan metode break even pricing.

Cara ini biasanya dilakukan oleh perusahaan yang baru saja memulai dunia bisnisnya di mana Ia menentukan harga berdasarkan permintaan pasar juga dengan mempertimbangkan biaya yang dikeluarkan. Penentuan harga ini tidak terlebih dahulu menentukan keuntungan karena perusahaan masih dalam posisi break even, ketika perusahaan sudah melewati fase ini Ia baru kemudian mendapat keuntungan. Secara teori cara ini sangat sulit dipahami, namun tidak sulit jika sudah diterapkan.

4. Penentuan harga berdasarkan kompetitor.

Cara menentukan harga ini adalah dengan melihat harga kompetitor untuk dijadikan acuan dengan tujuannya untuk menghadang kompetitor. Misalnya ketika harga tali lanyard di suatu toko 1.600 maka Anda berani memasang harga 1.400 untuk kualitas yang sama. Metode ini akan berhasil menumbangkan kompetitor dan menjadikan pasar Anda semakin luas.

5. Penentuan harga berdasarkan permintaan pasar.

Harga yang dipatok adalah berdasarkan hasil survey pasar di mana Anda menawarkan produk kepada konsumen dengan kualitas yang ditawarkan apakah harga yang diaptok terlalu mahal atau murah. Hasil survey itulah yang kemudian dijadikan harga.

COMMENTS